Selamat datang di hidup saya, tuan-tuan dan nona-nona. Disini ada sedikit cerita tentang hidup saya. Pastikan anda mengunjungi juga another pieces of my life (ada di sidebar bagian kiri xP). Oh well, ada begitu banyak cerita di sini yang ingin saya bagi. Silakan membaca~! x)

09 October 2008

Blog Saya Makin KEREN xD

Hai!!!

Setelah potingan panjang dan gak guna di bawah ini mengenai keluaga saya, marilah kita kembali ke jalur yang benar untuk sedikit lebih pintar.

Saya itu amat mencintai blogger. Bahkan setelah mendua, mentiga dan mengempat, pada akhirnya saya tetap kembali lagi pada blogger tercinta. Meskipun begitu, si blogger ini punya beberapa kelemahan. Dan ada kelemahan blogger yang paling saya benci, yaitu gak ada 'Recent comments'. Padahal kalo di wordpress, ada widgets seperti itu. Ini salah satu alasan saya pernah mendua pada wordpress. Hihihi.


Nah.
Sekarang liat bagian widgets saya. Pojok kanan bawah. Lihatlah "RECENTS COMMENTS". Aiiih.... Saya sungguh bahagia berhasil memasangnya di blogger. Saya dapet caranya dari sini. Tepatnya bagian itu.

Ini sedikit cuplikannya:

Beginilah cara membuat Recent Comments (Komentar Terbaru):

1. Login ke blogger lalu pilih menu "Layout"
2. Kemudian copy script berikut ini :

<script style="text/javascript" src="http://kendhin.890m.com/comments.js"></script><script style="text/javascript">var a_rc=8;var m_rc=false;var n_rc=true;var o_rc=40;</script><script src="http://trik-tips.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"> </script>

- Angka 8 merupakan jumlah komentar yang mau ditampilkan.
- Ganti trik-tips.blogspot.com dengan nama blogmu.

3. Untuk menampilkanya di sidebar maka pilih "Add a Gadget --> HTML/Javascript" Lalu masukkan script diatas kedalam kotak yg disediakan.



Lihaaat. Jadi dehhhh. Betapa senangnyaaaa. Sekarang saya cinta mati dah ama blogger :)


Selain recent comments, saya juga baru saja ngubah kotak komen. Jadi sekarng tiap mau ngomen, nggak perlu buka kotak komen yang biasanya. Tinggal masuk ke postingan yang mau dikomenin, tada! di bawahnya ada kotak komen! Kayak wordpress abis.

Mau tau caranya?

Sama kayak yang di atas, saya dapat caranya dari sini. Tepatnya bagian ini.

Ini kutipannya:

Begini nih cara membuat kotak komentar blogger yang berada dibawah postingan.

1. Login ke http://draft.blogger.com, Ingat yang http://draft.blogger.com bukan blogger.com.

2. Trus ke menu Setting-->Comments. Kemudian ganti "Comment Form Placement" menjadi "Embedded below post"

3. Kemudian klik "Save Setting"

Sekarang coba kamu lihat blogmu dan coba di klik salah satu postinganmu kemudian lihat hasilnya, apakah sudah ada kotak komentarnya yg dibawah postingan atau belum. kalau sudah berarti langkahnya cukup disini. Kalau belum ikuti langkah berikut ini.
(ini karena kode HTML tiap2 template itu berbeda. Untuk template default dari blogger yang baru, kode HTMLnya sudah berubah, sedangkan template yg lama atau ambil dari luar ada yg belum dan ada juga yg sudah).

4. Selanjutnya pergi ke menu "Layout-->Edit HTML"

5. Beri tanda centang kotak "Expand widget templates".

6. Trus cari kode berikut ini :

<p class='comment-footer'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</p>
</b:if>


7. Kemudian ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini:

<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</b:if> </b:if> </p> </b:if>


8. Lalu simpan template kamu.



Hmmmm.
Rada takut nih. Kayak gini ini menjiplak gak sih??? Kan saya udah ngasih asal darimana saya ngambil kutipan itu. Yaudahlah, ntar kalo ada yang ngomong ini plagiatisme, bakal saya hapus. Intinya kan saya cuma pengen sharing ilmu doang. Sama mamerin blog saya yang makin keren. Hehehe.



Sekian dari saya. Semoga postingan ini bermanfaat.

Ciao!




3 celotehan:

Anonymous said...

Wow! Tips dan trik yang keren La! Langsung coba ah!

Makasih banget ya La~!

Ardhan Winchester said...

Seneng deh kalo bisa membantu. Ini juga nemu dari blogwalking kok, yan. Hehehe.

ArLy's Blog said...

Maju trus.. coy...
copy pastepun kagak apa2, yang penting ilmunya...

kalo ada waktu, jangan lupa mampir ya di blog aku,, nih alamatnya http://arly-niezt.co.cc dan http://arly-zai.co.cc thanx...'s...

Post a Comment